MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Mitos Seputar Smartphone


Mitos Seputar Smartphone - Perkembangan smartphone di jaman sekarang sudah sangat maju, yang dulu hanya bisa digunakan melakukan panggilan telpon hingga saat ini sudah bisa digunakan untuk berbagai hal. Namun dengan majunya perkembangan teknologi khususnya smartphone, ternyata masih ada juga beberapa mitos seputar smartphone ini. Apa saja mitos itu, mari kita bahas lebih lengkapnya.

Mitos Seputar Smartphone
Mitos Seputar Smartphone

1. IMEI Menentukan Kualitas Smartphone
Pernah dengar jika kalian ingin melihat kualitas sebuah smartphone maka lihatlah dari imeinya, jika imei ke 6 dan 7 adalah angka 00 maka smartphone tersebut adalah smartphone buatan Prancis dengan kualitas terbaik, kemudian jika imei kalian 01 atau 10 maka kualitas smartphone kalian adalah buatan Finlandia dengan kualitas cukup baik, jika nomor 08 atau 80 maka smartphone kalian adalah buatan Jerman dengan kualitas lumayan, namun jika nomornya 02 atau 20 maka smartphone kalian adalah buatan Asia dengan kualitas paling buruk diantara ketiga diatas ?
Kalau membaca atau mendengar hal tersebut kadang membuat saya berfikir, kok masih juga dipercaya ya ?
Coba saja bayangkan sebuah brand smartphone apple atau samsung yang sudah sangat besar, jika benar imei tersebut menentukan kualitas apa mereka tidak takut kehilangan konsumen ? contohnya jika apple memproduksi iPhone X dengan harga puluhan juta apakah mereka akan membuatnya dengan kualitas yang buruk berdasarkan imei diatas ? tentu tidak, apple pastinya akan membuat kualitas smartphone mereka sama diamana pun diproduksi, baik itu di Jerman, Finlandia ataupun di Asia. Begitupun Samsung, mereka pasti akan mementingkan kualitas dari smartphone mereka. bahkan sekarang smartphone yang resmi beredar di Indonesia sudah diproduksi di Indonesia guna memenuhi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) agar smartphone bisa dijual di Indonesia. Lalu jika smartphone yang di produksi di Indonesia apakah itu kualitasnya buruk dan imeinya selalu 02 atau 20 ? Tentu tidak, kualitas smartphone yang diproduksi di Indonesia tetaplah dengan kualitas dan standar dari setiap produsen smartphone.
Jadi dengan begitu Imei menentukan kualitas smartphone adalah mitos ya.

2. Semakin besar RAM, semakin bagus main game
Hal ini sudah jelas mitos ya, kemampuan gaming sebuah smartphone lebih dipengaruhi oleh CPU dan GPU, jika kalian membeli smartphone dengan RAM 6 GB namun masih menggunakan Prosesor kelas bawah seperti snapdragon seri 400 ataupun kelas menengah dibandingkan dengan membeli smartphone RAM 4 GB yang memiliki prosesor kelas atas seperti seri snapdragon seri 800 tentu yang memiliki RAM 4GB dengan prosesor kelas atas lah yang lebih lancar memainkan game (Untuk GPU biasanya akan mengikuti seri prosesor, semakin bagus prosesor yang digunakan semakin bagus pula versi GPU nya). Selain CPU dan GPU, versi Vulakn API juga berpengaruh untuk kelancaran dalam bermain game, untuk pengaruh Vulkan API bisa dilihat Disini.



3. Semakin besar megapixel semakin bagus kamera smartphone
Sebenarnya kualitas kamera smartphone tidak ditentukan oleh megapixel saja. Megepixel smartphone akan berpengaruh pada besar gambar yang dihasilkan oleh smartphone. Sebagai contoh kamera dengan 12 MP akan menghasilkan gambar sebesar 4032 x 3024 sedangkan kamera dengan 24 MP akan menghasilkan gambar sebesar 8064 x 6048. Lalu apakah kamera 24 MP lebih baik ? Dari segi besar gambar memang 24 MP lebih baik tapi dari segi kualitas gambar 24MP belum tentu lebih baik, karena ada faktor yang lebih penting dari sekedar MP yaitu jenis sensor yang digunakan oleh kamera. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi Kualitas Kamera Smartphone.

4. Mengetahui HP Asli dari Kode Dial Tertentu
Pernah dengar pernyataan kalau mau cek HP asli atau palsu tinggal dial kode kode dibawah ini ?
Jika muncul menu tes hardware maka HP tersebut adalah asli ?

Samsung  : Masuk ke dialpad lalu tekan *#0*#
Xiaomi     : Masuk ke dialpad lalu tekan *#*#64663#*#*
Oppo        : Masuk ke dialpad lalu tekan *#808#
Vivo         : Masuk ke dialpad lalu tekan *#*#4838#*#*
Lenovo     : Masuk ke dialpad lalu tekan ####1111#
Asus         : Masuk ke aplikasi kalkulator lalu ketik .12345+=

Dulunya memang tidak salah pernyataan tersebut, tapi sekarang dengan semakin majunya jaman, HP palsu pun sudah didesain sedemikian rupa sehingga jika kita dial kode diatas tetap akan muncul menu untuk tes hardware HP. Jadi untuk sekarang pernyataan tersebut adalah mitos ya.

5. Mengetahui HP asli atau Palsu melalui imei.info
Untuk poin yang ini kenapa admin bilang mitos, itu karena situs imei.info tidak menampung semua nomor imei pada smartphone yang beredar saat ini. Dan jika seseorang memasukkan imei yang belum terdaftar maka orang tersebut bisa menginput data spesifikasi pada smartphone mereka, dan hal ini bisa dilakukan oleh semua orang, yang tentu saja bisa salah dalam mengisi kolom spesifikasi pada situs imei.info.

Demikian Mitos Seputar Smartphone, jika kalian memiliki mitos seputar smartphone lainnya silakan tulis dikolom komentar ya.

0 Komentar Mitos Seputar Smartphone

Post a Comment

Back To Top