MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Cara Menampilkan FPS di Game Android Tanpa Root Terbaru


Cara Menampilkan FPS di Game Android Tanpa Root Terbaru - FPS atau Frame Per Second adalah kemampuan untuk menampilkan gambar dalam hitungan 1 detik, semakin banyak gambar yang ditampilkan dalam 1 detik maka akan semakin halus pula gerakan sebuah animasi atau video, begitupun dalam hal game semakin banyak frame per second semakin mulus pula gerakan karakter dalam game yang kalian mainkan. Secara kasat mata, kita tidak mungkin bisa melihat total frame per second sebuah game yang dijalankan di smartphone khususnya android.
Kali ini Maesatech akan membagikan cara melihat Frame Per Second di Android kalian tanpa memerlukan akses root.

Guna menampilkan frame per second tanpa root, kita memerlukan bantuan sebuah aplikasi, aplikasi ini tersedia bebas dan gratis di playstore. Aplikasi yang akan kita gunakan adalah GameBench. Dari sekian banyak aplikasi di paystore aplikasi inilah yang menawarkan tampilan yang mudah dipahami serta mudah dalam menampilkan FPS dan tentunya tanpa perlu akses root.

Sebelum melanjutkan, silakan download terlebih dahulu aplikasi GameBench untuk komputer atau PC kalian Disini, kemudian silakan download aplikasi GameBench untuk smartphone kalian yang bisa di download di Playstore langsung atau bisa melalui Link Ini.

Cara Menampilkan FPS di Game Android Tanpa Root Terbaru
Cara Menampilkan FPS di Game Android Tanpa Root Terbaru


Berikut adalah langkah langkah untuk menampilkan frame per second dari game android yang kalian mainkan.

1. Aktifkan USB Debugging di Android
Langkah pertama agar smartphone kalian bisa di detect oleh GameBench adalah dengan mengaktifkan USB Debugging yang terletak pada Developer Mode pada pengaturan smartphone kalian.

2. Buka Aplikasi GameBench di smartphone android kalian, kemudian klik Next, hingga muncul gambar seperti diibawah ini.
Tampilan awal aplikasi GameBench Android
Tampilan awal aplikasi GameBench Android


Jika GameBench meminta akses draw over the apps atau meminta permission silakan tekan Tombol Click To Enable, kemudian silakan ubah permission dari not allowed menjadi allowed seperti gambar dibawah ini.
Enable Permission GameBench
Enable Permission GameBench



3. Sambungkan Perangkat Android ke Komputer
Langkah Selanjutnya silakan sambungkan smartphone android kalian menggunakan kabel data ke komputer yang sudah disiapkan sebelumnya.

4. Buka GameBench Untuk Komputer
Buka atau klik 2 kali pada aplikasi GameBench untuk komputer yang sudah didownload sebelumnya.

Aplikasi Game Bench Untuk Komputer
Aplikasi Game Bench Untuk Komputer


5. Tunggu Hingga Sukses
Setelah aplikasi dibuka, tunggu hingga smartphone kalian di deteksi dan berhasil mengaktifkan Gamebench service di smartphone kalian.

Service Game Bench Sudah Aktif di Smartphone
Service Game Bench Sudah Aktif di Smartphone 

6. Jika Service sudah berjalan maka akan muncul pemberitahuan Finish pada aplikasi GameBench di Smartphone kalian seperti gambar berikut, silakan kalian klik FINISH dan akan muncul list aplikasi di smartphone kalian yang bisa dilihat frame per second nya, silakan klik aplikasi atau game yang akan dilihat fps nya, fps akan muncul di layar pada bagian pojok kanan atas.

Finish Setup GameBench
Finish Setup GameBench

Note : Jika Smarphone kalian dapat di restart atau dapat dimatikan maka kalian wajib mengulang proses Connect ke Komputer untuk bisa menampilkan FPS kembali di smartphone android kalian.
Sekian untuk tutorial Cara Menampilkan FPS di Game Android Tanpa Root Terbaru, jika ada yang kurang jelas atau perlu didiskusikan silakan tulis di kolom komentar ya.

0 Komentar Cara Menampilkan FPS di Game Android Tanpa Root Terbaru

Post a Comment

Back To Top