MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu


Cara Membedakan IPhone Asli atau Palsu - Apple iPhone merupakan salah satu perangkat smartphone idaman di Indonesia, bahkan iPhone seri 4 sampai 5 tahun lalu masih menjadi incaran di pasar saat ini. Hal ini memang wajar mengingat masa pakai iPhone serta dukungan update yang lebih baik dibanding smartphone lainnya. Namun saat ini sudah banyak beredar iPhone Replika atau KW atau HDC atau palsu (beda penyebutan nama namun intinya tetap iPhone tersebut bukan iPhone asli ) yang beredar di masyarakat, tentu dengan banyak beredarnya iPhone palsu ini kita sebagai konsumen harus lebih berhati hati lagi.
Nah jika kalian berniat akan membeli perangkat iPhone baru ataupun bekas, Maesatech akan membagikan tips dan trik cara membedakan iPhone asli ataupun yang palsu.


Berikut adalah cara membedakannya :


1. Design
Pertama untuk mengetahui iPhone asli tentu yang perlu diperhatikan adalah design dari iPhone itu sendiri. Seperti yang kita ketahui iPhone memiliki design yang sangat berbeda dibanding smartphone lainnya. Sebagai contoh iPhone yang beredar saat ini menggunakan tombol fisik home yang berbentuk bulat, sedangkan seri iPhone X keatas sudah tidak menggunakan tombol home fisik lagi.
Tidak terdapat sensor sidik jari dibagian belakang perangkat, hal ini dikarenakan iPhone seri 8 kebawah menggunakan tombol home fisik bulat di depan sebagai sensor sidik jari dan seri iPhone X ke atas tidak lagi menggunakan sensor sidik jari.

Desain iPhone 8 ke bawah
Desain iPhone 8 kebawah
Desai iPhone X keatas
Desai iPhone X keatas


2. Slot Sim Card
Perhatikan slot SIM card pada iPhone, sampai saat ini iPhone belum pernah mengeluarkan versi yang memiliki dua slot SIM card. Jika terdapat iPhone yang memiliki dua SIM card maka bisa dipastikan iPhone tersebut adalah palsu atau replika. Namun saat ini iPhone sudah mengeluarkan versi iPhone yang support dual SIM card (bukan dua slot SIM card), tetapi dual SIM card disini adalah satu sim card fisik dan satu lagi eSIM, jadi untuk slot SIM card nya tetap hanya satu saja ya.

Slot SIM card iPhpne
Slot SIM card iPhpne

3. Slot Micro SD
Perhatikan juga Slot MicroSD pada iPhone, iPhone juga sampai saat ini belum mengeluarkan versi yang memiliki slot MicroSD, jika menemukan iPhone dengan slot MicroSD maka dipastikan iPhone tersebut adalah replika.

iPhone Tnapa MicroSD
iPhone Tnapa MicroSD



4. Port Pengisian Daya

Sampai saat ini port pengisian daya iPhone hanya menggunakan lightning port tidak ada yang yang menggunakan tipe micro B ataupun tipe C walaupun sudah beredar kabar untuk iPhone kedepannya kemungkinan akan menggunkan port tipe C, namun untuk saat ini iPhone yang asli hanya menggunakan lightning port saja.

Lightning Port iPhone
Lightning Port iPhone

5. Gunakan Itunes
iPhone asli memiliki aplikasi khusus untuk menghubungkannya dengan perangkat PC atau komputer yaitu iTunes. Untuk mengetahui iPhone asli atau bukan kalian cukup install aplikasi iTunes di komputer kalian kemudian sambungkan iPhone kalian ke PC, jika iTunes bisa mendeteksi perangkat iPhone kalian maka iPhone tersebut adalah iPhone asli, namun sebaliknya jika perangkat iPhone tidak terdeteksi maka iPhone tersebut bukanlah iPhone asli.

iPhone terdeteksi oleh iTunes
iPhone terdeteksi oleh iTunes


6. IOS Bukan Android
Selanjutnya adalah kalian cek sistem operasi yang digunakan, iPhone asli akan menggunakan sistem operasi besutan apple sendiri yaitu IOS, sedangkan iPhone palsu akan menggunakan sistem operasi android. Jika kedapatan iPhone yang kalian cek menggunakan sistem operasi android maka bisa dipastikan bahwa iPhone tersebut adalah iPhone palsu.

IOS bukan Android
IOS bukan Android

7. App Store Bukan PlayStore
Cara ini masih berhubungan dengan cara yang diatas, jika diatas kita melihat sistem operasi, kali ini untuk membedakannya melalui sebuah lingkup yang lebih kecil yaitu tempat untuk donload berbagai macam aplikasi. iPhone yang asli akan memiliki App Store sebagai pusat untuk mendownload aplikasi aplikasi yang kalian perlukan, jika kedapatan iPhone yang kalian cek ternyata menggunakan PlayStore maka bisa dipastikan kalau iPhone tersebut adalah iPhone KW atau replika.

Apple AppStore yag Benar
Apple AppStore yag Benar


Apple AppStore yang Salah
Apple AppStore yang Salah


Nah itulah  Cara Membedakan IPhone Asli atau Palsu, jika kalian memiliki tips dan trik lain silakan tulis di kolom komentar ya.

0 Komentar Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu

Post a Comment

Back To Top