MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Daftar Nama User Interface Android


Daftar Nama User Interface Android - Sekarang ini sudah banyak sekali vendor smartphone yang menggunakan Android. Akan tetapi android A dengan Android B meiliki tanpilan yang berbeda, lohh kok bisa begitu ?
Itulah yang disebut dengan User Interface. Karena banyaknya vendor yang menggunakan android, maka setiap vendor membuat jati diri androidnya sendiri dengan kustomisasi android yang mereka kembangkan sendiri. Dengan mengembangkan user interface sendiri, maka itu akan membedakan android dari vendor samsung misalkan dengan vendor xiaomi ataupun LG.
Sekarang sudah ada berapa sih user interface atau jati diri dari masing masing vendor smartphone ?
Berikut MaesaTech akan coba jabarkan macam macam user interface dari android.

Google : Pure Android
Pure android adalah user interface default dari google. User interface ini merupakan user interface paling ringan, sebab belum ada kustomisasi apapun dari pihak ketiga. Ponsel besutan google seperti seri nexus yang sekarang sudah digantikan dengan seri pixel pasti menggunakan pure android untuk user interfacenya. Selain ponsel besutan google, ponsel yang tergabung dengan projek android one dari google pun dipastikan menggunakan pure android. Salah satu kelebihan dari pure android adalah lebih cepat mendapatkan update dibanding dengan yang lainnya.

Advan : IDOS
Indonesia OS atau disingkat IDOS merupakan user interface yang khusus dikembangkan untuk ponsel advan. User interface ini diperkenalkan pada sistem operasi marshmallow pada advan G1 dan kini IDOS sudah berjalan di android 7.0 Nougat. Salah satu fitur yang diunggulkan dari IDOS adalah dari segi keamanannya.

Polytron : FiraOS
Fira OS merupakan user interface yang dikembangkan oleh PT. Fira Makmur Indonesia dan digunakan di smartphone dalam negeri Polytron sebagai mitra dari PT. Fira Makmur Indonesia. Pada awal peluncurannya Fira OS dikembangkan duatas android 5.1 Lolipop dan sampai saat ini fira os sudah mencapai versi 3 yang lebih stabil dari versi sebelumnya.

Samsung : Touchwiz/Grace UX/Dream UX
Secara basic nama user interface samsung adalah Touchwiz, namun belakangan ini dengan munculnya touchwiz versi yang ke 7 samsung memberi kode nama yang berbeda yaitu Grace Ux, lalu setahun kemudian samsung kembali memberi kode nama Dream Ux untuk user interface mereka yang diluncurkan bersamaan dengan Samsung Galaxy S8.

LG : LG UX/Optimus UI
User interface dari LG disebut dengan LG UX atau Optimus UI. UI ini sangat minimalis dan memiliki ikon khas pada setiap aplikasinya, namun memiliki tampilan yang hampir mirip dengan pure android hanya mengganti ikonnya saja.

Asus : Zen UI
Zen UI bisa dibilang sebagai salah satu UI yang kompleks. Sebab pada zen ui memiliki banyak aplikasi bawaan yang sudah langsung terinstall saat membeli smartphone asus.
Salah satu ciri zen ui adalah shortcut pada menu di system UI nya yang besar dan berbentuk bulat.

Oppo : Color Os
User interface dari Oppo ini sudah banyak mengalami perubahan. Bahkan sepertinya oppo mempunyai sebuah tim khusus untuk mengembangkan user interface nya ini terbukti dengan adanya channel youtube yang membahas update update dan fitur yang dibawa setiap kali akan meluncurkan versi terbaru dari color os. Namun sayang sejak munculnya Color Os 2.1.3 channel tersebut sudah tidak pernah melakukan update lagi.
Sekarang ini color os sudah mencapai versi 3.2 yang memiliki tampilan mirip dengan ios termasuk dengan ikon serta control center yang ada dibagian bawah.

Vivo : Funtouch OS
Funtouch Os adalah user interface dari vivo, funtouch os sudah masuk ke versi 2.5 dan memiliki beragam kustomisasi di dalamnya. Salah satunya adalah kontrol gesture yang terbilang lengkap. Akan tetapi sama seperti color os, ikon dari funtouch os bisa dibilang mirip dengan ios dari apple serta memiliki control center dibagian bawah.

Xiaomi : MIUI
MIUI adalah kustomisasi dari xiaomi yang kini sudah mencapai versi kesembilan. Kustomisasi ini pun sangat kompleks. Hal ini tentu wajar mengingat pada awal berdirinya xiaomi, xiaomi hanya fokus menggarap user interface, barulah beberapa waktu kedepannya xiaomi mulai membuat smartphone nya sendiri yang menggunakan user interface buatan mereka sendiri. UI dari xiaomi ini tidak memiliki tombol menu untuk membuka kumpulan aplikasi melainkan semua aplikasi sudah berada pada layar depan xiaomi. Salah satu keunggulan dari miui adalah terdapatnya tema yang berlimpah di theme store mereka mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.

One Plus : Oxygen OS/Hydrogen Os
Oxygen OS atau Hydrogen os adalah UI yang dikembangkan oleh One Plus. Ui ini sangat minimalis karena hampir sama dengan stock android apada umumnya namun dengan tambahan sedikit kustomisasi, maka dari itu tidak mengherankan memang UI ini sangatlah ringan.

Meizu : Flyme OS
Dari sekian banyak UI yang ada di android meizu dengan flyme os bisa dibilang yang paling berbeda dari segi cara penggunaannya. Sebab pada smartphone besutan meizu, mereka hanya memberikan 1 tombol pada bagian tengah dan tidak memiliki tombol back dan recent apps. Meizu mengganti tombol back dengan menyentuh atau touch tombol home, sedangkan untuk kembali ke layar utama atau fungsi tombol home kalian harus menekan tombol home bukan menyentuhnya, untuk membuka recent apps, yang perlu kalian lakukan adalah swipe dibagian kiri layar keatas, maka akan muncul recent apps untuk multitasking. Flyme os juga merupakan UI yang memiliki banyak kustomisasi didalamnya. 

Lenovo : Vibe UI
Vibe UI adalah User Interface khas smarrphone lenovo, user interface ini memiliki tampilan single launcher atau semua aplikasi dipajang di halaman utama tanpa adanya menu app drawer. User interface dari lenovo ini terbilang sangat minimalis. Berbeda dengan user interface lain yang nemiliki beragam tema di theme store mereka, Lenovo dengan Vibe UI hanya ada 2 tema saja.

HTC : Sense UI
Sense UI merupakan user interface khas untuk smartphone HTC. Sense UI memiliki tampilan dual launcher, dan memiliki app drawer untuk membuka semua aplikasi yang terinstal di smartphone.

Sony : Xperia UI
User interface dari sony ini cukup terkenal dikalangan para opreker android. Terbukti dengan bertebaran apk dari launcher Xperia UI ini di internet. User interface ini memang terbilang ringan, akan tetapi ikon dari user interface besutan sony ini memiliki tampilan yang identik dari versi terdahulu dengan versi yang sekarang.

Huawei : EMUI
Emui merupakan user interface yang dikembangkan oleh produsen smartphone huawei. Sampai saat ini emui sudah memiliki versi 8.0 yang berjalan diatas android oreo 8.0 keatas.

Coolpad : Cool UI
Cool UI dikembangkan untuk produsen smartphone Coolpad. User interface ini sudah mencapai versi 8.0 yang berjalan diatas android oreo. Ciri dari UI ini adalah adanya control center yang berada dibagian layar paling bawah. Selain itu terdapat satu fitur yang disebut C button yang bisa dikustomisasi dengan menambahkan sortcut aplikasi guna memudahkan pengoperasian satu tangan pada smartpone nya.

Itulah Daftar Nama User Interface Android. Jika masih ada nama user interface yang masih belum tercantum silakan tulis dikolom komentar ya.

0 Komentar Daftar Nama User Interface Android

Post a Comment

Back To Top