MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Cara Membedakan HP Android Asli atau Palsu


Cara Membedakan HP Android Asli atau Palsu - Pasar smartphone semakin hari semakin naik saja. Hal ini membuat semakin banyak produsen produsen ternama dan juga produsen baru membuat smartphone mereka. Namun dengan besarnya pasar smartphone khususnya android, ada saja produsen nakal yang memanfaatkan situasi ini untuk membuat smartphone android replika atau palsu untuk dijual dipasaran. Smartphone android palsu yang dijual di pasaran tentu memiliki kualitas dibawah smartphone aslinya, kalian pasti tidak ingin mendapat smartphone android palsu dengan kualitas yang buruk bukan ?
Oleh karena itu kali ini MaesaTech akan membagikan bagaimana cara membedakan smartphone android asli dengan yang palsu.
Cara ini bisa kalian terapkan di semua smartphone android mulai dari Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Asus,  Advan, serta android lainnya.

Cara Membedakan Android Asli atau Palsu
Cara Membedakan Android Asli atau Palsu

1. Cek Fisik
Hal yang paling dasar dilakukan adalah dengan cek fisik dari hp tersebut. Fisik disini adalah design hp, peletakan tombol tombol pada hp, letak port serta detail detail kecil lain pada hp yang kalian cek. Untuk membandingkan gambar android asli dengan yang kalian cek, kalian bisa mencari gambarnya di internet atau di gsm arena dan juga di web resmi dari produsen smartphone yang sedang kalian cek.

2. Bandingkan Spesifikasi
Hal kedua yang perlu kalian lakukan adalah membandingkan spesifikasi dari hp yang kalian cek, untuk cek spesifikasi hp android, kalian bisa download aida64, cpu z atau antutu benchmark di playstore. Disini perlu diingat, jika di smartphone android yang akan kalian cek sudah tersedia salah satu aplikasi untuk cek spesifikasi dan setelah di cek ternyata spesifikasinya sama dengan yang asli jangan langsung percaya. Alangkah baiknya kalian masuk ke menu pengaturan dari hp tersebut dan coba uninstal atau copot pemasangan dari aplikasi tersebut lalu download ulang di playstore. Jika aplikasi untuk cek spesifikasi di hp tersebut tidak bisa di unistal kalian patut curiga, sekarang ini produsen smartphone kw atau replika atau palsu sudah ada yang menanamkan aplikasi untuk melakukan cek spesifikasi yang sudah di mod sehingga menampilkan spesifikasi yang sesuai dengan pengaturan dari produsen smartphone tersebut. Misalkan smartphone android A yang asli memiliki ram 4 GB,sedangkan yang palsu memiliki ram 1 GB tapi dengan aplikasi cek spesifikasi yang sudah mereka mod akan muncul keterangan ram 4 GB padahal nyatanya ram nya hanya 1 GB, itulah mengapa kalian harus menggunakan aplikasi cek spesifikasi yang ada di playstore.

3. Cek IMEI
Untuk cara ini akan dijelaskan juga pada bagian akhir artikel. Cara yang akan admin berikan dalam melakukan cek imei adalah dengan menanyakan langsung ke call center atau live chat dari produsen smartphone yang sedang kalian cek. Untuk melakukan cek imei kalian hanya perlu dial *#06# maka akan muncul imei smartphone kalian, lalu copy imei tersebut dan tanyakan pada call center atau live chat apakah imei tersebut terdaftar atau tidak, jika tidak maka hp tersebut bukanlah android asli.

4. Cek Kamera
Hp android yang di palsukan oleh produsen nakal biasanya adalah hp android yang memiliki harga tinggi dan memiliki spefikasi kelas atas serta kamera yang bagus, alangkah baiknya sebelum membeli hp, di coba terlebih dahulu kameranya dan lihat hasilnya apakah hasilnya sesuai dengan ekspektasi kalian. Jika hasilnya buruk gambar tidak terlalu bagus warna juga tidak bagus maka kalian patut curiga.
Salah satu contoh kamera dari android palsu adalah kameranya terlihat sangat dekat dengan objek yang di foto. Contoh kamera yang asli mengambil gambar dengan jarak yang sama dengan kamera android yang akan kalian cek, dan ternyata hasilnya kamera yang kalian cek hasil gambarnya jauh lebih dekat dengan objek yang kalian foto dibanding dengan kamera android asli yang kalian gunakan padahal ganbar tidak di zoom sama sekali, maka kalian patut curiga dengan smartphone tersebut.

5. Cek HWModuleTest
Cek HWModuleTest disini dimaksudkan dengan melakukan dial *#0*# untuk smartphone samsung dan untuk cek smartphone lainnya silakan cek Cara Cek Kualitas HP Bekas.
Disini perlu diingat bukan berarti jika smartphone android kalian memunculkan menu untuk melakukan tes maka smartphone tersebut asli. Sekarang produsen smartphone replika sudah semakin pintar, mereka sudah memasukkan menu yang sama dengan smartphone asli jika di dial kode diatas.
Untuk mengetahui yang asli atau palsu silakan bandingkan menu menu yang muncul dengan smartphone asli, apakah berbeda atau sama. Jika kalian tidak membawa smartphone lain untuk perbandingan maka silakan cek apada bagian menu sensor apakah muncul semua sensor sesuai dengan spesifikasi yang sudah kalian cek pada poin nomor 2 diatas.

6. Sambungkan ke PC
Cara ini memerlukan bantuan komputer PC atau laptop. Caranya kalian hanya perlu download aplikasi resmi untuk smartphone yang akan kalian cek, misalkan smartphone yang akan kalian cek adalah samsung maka kalian silakan download samsung kies di komputer kalian, jika smartphone kalian adalah xiaomi silakan download mi pc suit di komputer kalian. Setalah download aplikasi tersebut silakan sambungkan smartphone kalian dan buka aplikasi smasung kies atau mi pc suit apakah smartphone kalian di deteksi sebagai smartphone yang semestinya. Jika smartphone kalian tidak terdeteksi maka kalian patut curiga.

7. Cek Hasil Foto
Untuk cara ini masih memerlukan bantuan komputer dan juga berhubungan dengan cara nomor 4 tentang cek kamera. Sesuai dengan cara nomor 4 kalian hanya perlu mengambil satu gambar saja menggunakan kamera smartphone yang kalian cek kemudian sambungkan dengan komputer kalian dan copy foto yang sudah kalian ambil menggunakan kamera hp yang akan kalian cek. Setelah di copy maka klik kanan pada gambar dan pilih properties, maka akan terlihat nama smartphone yang digunakan untuk mengambil gambar, ukuran megapixel kamera serta sensor yang digunakan, jika setelah di lakukan cek dengan priperties ternyata nama smartphone tidak sesuai, ukuran megapixel serta sensor juga tidak sesuai maka hp tersebut bukanlah hp asli.

Untuk cara cek smartphone asli menggunakan imei dan di cek di imei.info tidak admin masukkan karena cara tersebut sudah tidak valid lagi. Hal ini dikarenakan ada beberapa imei yang tidak masuk dalam daftar imei.info padahal hp yang di cek adalah asli dan info spesifikasi yang terdapat di imei.info atau web untuk cek imei smartphone bisa diisi sendiri jika belum ada info mengenai imei yang sudah dimasukkan, karena alasan tersebutlah cara dengan cek imei tidak admin masukkan.

Demikianlah Cara Membedakan HP Android Asli atau Palsu, semoga kalian tidak salah dalam memilih smartphone ya.

0 Komentar Cara Membedakan HP Android Asli atau Palsu

Post a Comment

Back To Top