MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Cara Cek Kondisi Baterai HP


Cara Cek Kondisi Baterai HP - Salah satu kelemahan dalam membeli HP second atau bekas adalah kondisi baterai, semakin lama HP sudah digunakan semakin besar kemungkinan mengalami penurunan pada kondisi baterai. Namun dengan melakukan pengecekan pada baterai yang benar maka kalian bisa menilai apakah baterai HP masih normal atau sudah mulai rusak. Selain digunakan untuk mengetahui kondisi baterai HP second, cara ini juga bisa digunakan untuk mengetahui baterai Hp segala kondisi baik baru maupun bekas serta bisa digunakan di Android atau IOS dan sangat efektif untuk mengetahui kondisi kesehatan baterai tanam.
Sebagai catatan disini dilakukan pengecekan pada baterai Samsung Galaxy S7, dengan besar baterai 3000 mAh serta menggunakan prosesor exynos 8890.
1. Cek Fisik Baterai HP
Untuk mengetahui kondisi baterai masih bagus atau tidak yang pertama perlu diperhatikan adalah fisik dari baterai itu sendiri, apakah baterai sudah kembung atau masih normal, jika baterai sudah kembung bisa dipastikan baterai smartphone tersebut sudah tidak beres.

2. Restart Smartphone Kalian
Selanjutnya cara sederhana, namun juga ampuh untuk mengetahui kondisi baterai HP apakah masih bagus atau sudah tidak. Sebelum kalian restart smartphone kalian silakan lihat terlebih dahulu persentase baterai kalian. Misalkan persentase baterai HP kalian 80%, maka silakan restart atau matikan kemudian hidupkan kembali smartphone kalian, jika setelah di restart baterai Hp kalian tidak mengalami penurunan persentase atau hanya mengalami penurunan sekitar 1-3% menjadi sekitar 79% - 77%, maka baterai Hp kalian masih normal, namun jika terjadi penurunan yang drastis sekitar 10% atau lebih menjadi 70% atau kurang dari 70%, maka itu menandakan kondisi baterai smartphone yang sudah mulai kurang baik.

3. Melalui Pengaturan Smartphone
Untuk cara ketiga ini juga merupakan cara yang sangat ampuh, pertama tama silakan masuk ke pengaturan, kemudian pilih baterai>pilih penggunaan baterai atau battery usage, lihat pada grafik baterai, pastikan grafik baterai dalam kondisi menurun tanpa ada grafik yang naik, jika ada grafik yang naik itu berarti HP dapat di cas belum sampai 100% dan sudah dicabut.
Pada cara yang ketiga ini akan dibagi menjadi dua sub, yaitu pada grafik penggunaan baterai yang menurun dan pada grafik yang tidak teratur. Berikut adalah contoh grafik dari penggunaan baterai smartphone.

Contoh Grafik Pemakaian Baterai
Contoh Grafik Pemakaian Baterai

Cek Baterai HP Grafik Menurun
Sebelum memulai pembahasan untuk cara ketiga sub yang pertama silakan perhatikan gambar berikut.


Untuk sub yang pertama mengenai cara cek kondisi baterai Hp dengan grafik penggunaan yang menurun akan sangat mudah jika dibandingkan dengan grafik yang kurang teratur. Yang pertama perlu diperhatikan adalah berapa lama baterai Hp sudah digunakan, disini akan digunakan contoh gambar No. 1 diatas, pada gambar tersebut diambil saat sisa baterai Hp sebesar 15%, kemudian pada Recent Battery Usage nya tertera 5 Jam 45 Menit 36 Detik, yang berarti dari kondisi baterai full atau 100% baru digunakan 5 Jam 45 Menit 36 Detik sampai baterainya menjadi 15%. Apakah ini bagus atau tidak ? Jawabannya tergantung, mari kita lihat aplikasi apa saja yang menghabiskan baterai smartphone tersebut. Perhatikan gambar No.2 disana terlihat aplikasi apa saja yang menghabiskan baterai, jika dilihat pada bagian paling atas paling banyak digunakan oleh screen, yang kedua aplikasi youtube dan diikuti aplikasi lainnya.
Hal yang wajar jika screen atau layar menempati posisi teratas dalam hal menghabiskan baterai. Namun jika smartphone digunakan untuk bermain game maka biasanya pada bagian atas adalah game yang paling sering dimainkan.
Selanjutnya perhatikan gambar No.3, disana terlihat berapa lama screen atau layar menyala atau digunakan, untuk memunculkan gambar No.3 silakan klik screen pada gambar No.2. Pada gambar nomor 3 ini lah yang menjadi penanda utama sebuah baterai masih bagus atau sudah mulai kurang baik. Pada gambar nomor 3 ini biasanya disebut dengan SOT atau Screen On Time.
Disana terlihat time on 3 Jam 8 menit 15 Detik. Kesimpulan dari 3 gambar diatas adalah, dari posisi baterai 100% sampai posisi baterai 15% baru digunakan selama 5 Jam 45 Menit 36 Detik dengan pemakaian aplikasi tertera pada nomor 2, dan mendapatkan screen on time selama 3 Jam 8 Menit 15 Detik.
Dengan pengujian pada samsung S7 yang memiliki baterai sebesar 3000 mAh dan prosesor exynos 8890 mendapat sot selama 3 Jam masih tergolong wajar, sebab sot yang sering didapat dari s7 yang masih baru berkisar 3 sampai 4 jam saja.
Akan muncul pertanyaan, mana yang lebih baik battery usage yang lama atau sot yang lama. Misalkan battery usage nya 24 jam namun dengan sot hanya 2 jam, lalu dibandingkan dengan contoh diatas yang memiliki battery usage 5 jam namun dengan sot 3 jam. Jawabannya adalah lebih baik battery usage 5 jam dengan sot 3 jam, karena semakin lama sot maka semakin bagus kondisi baterai smartphone kalian, dengan catatan grafiknya menurun seperti pada gambar no 1.

Cek Baterai HP Grafik Tidak Teratur
Sebelum memulai pembahasan untuk cara ketiga sub yang kedua silakan perhatikan gambar berikut.


Untuk grafik yang tidak teratur, cara menilai kondisi baterai tidak bisa hanya dilihat dari battery usage dan screen on time yang besar, sebab semakin tidak teratur grafik semakin besar juga kemungkinan screen on time kalian akan semakin meningkat, padahal belum tentu baterai smartphone kalian bagus. Untuk itu silakan perhatikan gambar 1, disana terlihat garfiknya tidak menurun seperti gambar sebelumnya. pada gambar tersebut grafik sempat naik 1 kali, itu menandakan baterai smartphone dapat di charge sekali namun tidak sampai 100% sehingga grafiknya tidak direset otomatis oleh smartphone kalian. Perhatikan titik turun pada gambar nomor 1, titik turunnya terdapat diantara angka 50% dengan 0% namun tidak tepat ditengah tengah antara 50% sampai 0% tapi agak sedikit dibawah tengah tengah, maka kita asumsikan baterai smartphone dapat di charge ketika kondisi baterai 15-20%. Kemudian perhatikan titik naik pada grafik, grafik naik pada grafik berada antara angka 50% sampai 100%, namun hanya sedikit diatas angka 50%, maka kita asumsikan baterai smartphone di charge sampai 60% kemudian digunakan kembali. dapat diambil kesimpulan dari gambar 1 bahwa dari baterai 100% sempat digunakan sampai baterai 15-20% kemudian di charge sampai 60% dan digunakan kembali. Lalu perhatikan gambar nomor 2 disana terlihat aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai adalah facebook, ini menandakan Hp digunakan secara intens untuk membuka aplikasi facebook. Kemudian pada nomor adalah screen atau layar, kemudian silakan klik screen dan akan muncul gambar nomor 3, pada gambar nomor 3 terdapat keterangan screen on time selama 4 Jam 13 Menit 54 detik. Screen on time ini merupakan akumulasi dari baterai 100% dan juga akumulasi dari screen on time ketika di charge sampai 60%. Kalo diperhatikan screen on time pada grafik tidak teratur lebih besar dari grafik yang teratur, hal ini adalah wajar karena pada grafik yang tidak teratur sempat di charge sampai 60% ( grafik dan screen on time akan di reset jika di charge sampai 100%, namun akan diakumulasi jika tidak sampai 100%).
berdasarkan perhitungan diatas dapat dilihat jika smartphone dapat di charge dari 15% sampai 60% atau mendapat sokongan daya sebesar 40 - 45 %, jika berdasarkan pada grafik teratur mendapat screen on time 3 jam. maka dengan screen on time 4 jam itu menandakan dengan sokongan daya 40% mendapat tambahan screen on time sebesar 1 jam. Seharusnya dengan sokongan daya 40% bisa mendapat screen on time tambahan sebesar 1 Jam 15 menit, namun dengan tambahan screen on time 1 jam itu masih dalam tahap wajar.

Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan pengecekan baterai smartphone harus dilihat dari berbagai aspek, seperti fisik baterai, perlu di restart untuk memastikan kondisi baterai dan perlu dilihat dari screen on time, semakin lama screen on time akan semakin bagus kondisi baterai smartphone kalian dengan catatan grafik yang menurun.

Sekian Cara Cek Kondisi Baterai HP, semoga artikel ini bermanfaat, dan jika ada yang perlu didiskusikan silakan tulis dikolom komentar.

0 Komentar Cara Cek Kondisi Baterai HP

Post a Comment

Back To Top