MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Cara Mengetahui HP Samsung SEIN atau Bukan


Cara Mengetahui HP Samsung SEIN atau Bukan - HP Samsung di Indonesia bisa dibilang HP dengan popularitas tertinggi. Tercatat penjualan HP Samsung di akhir tahun 2017 mendominasi pasar Indonesia. Namun selain di Indonesia diluar pun HP Samsung memiliki popularitas yang tinggi.
HP Samsung yang keluar di Indonesia atau biasa disebut SEIN memiliki ciri dan beberapa hardware yang berbeda dibanding dengan seri Samsung Global atau biasa disebut EX INTER ataupun seri Samsung yang dikhususkan untuk negara negara lain selain Indonesia.
Perbedaan spesifikasi hardware yang dibawa biasanya terletak pada frekuensi jaringan yang disesuaikan disetiap negara. Perbedaan frekuensi jaringan ini nantinya akan mempengaruhi kualitas sinyal yang didapatkan, sebab jika frekuensinya tidak sesuai dengan jaringan di negara tujuan maka bukan tidak mungkin kualitas sinyal menjadi jelek atau bahkan tidak mendapat sinyal sama sekali.
Untuk itu jika akan membeli HP Samsung alangkah baiknya membeli HP Samsung dengan garansi resmi Indonesia atau Sein, selain frekuensi jaringan yang sudah disesuaikan, juga akan sangat berguna saat terjadi kerusakan pada HP kalian, sebab Samsung Service Center atau SSC akan menerima dan mau memperbaikinya. Jika HP kalian bukan merupakan HP Sein atau biasa disebut ex inter Samsung Service Center di Indonesia tidak akan menerima perbaikan pada kerusakan HP kalian.
Melihat beberapa pertimbangan diatas tentu kalian semakin yakin untuk memilih HP Samsung yang resmi keluar di Indonesia.
Ok, berikut adalah beberapa Cara Mengetahui HP Samsung SEIN atau Bukan

Cara Cek HP Sein
Cara Cek HP Sein
1. Cek Box Penjualan HP
Di box penjualan HP akan tertera imei, serial number serta diproduksi untuk negara mana. Jika tertera diproduksi untuk indonesia maka HP tersebut merupakan HP Sein.

Baca juga : Cara Cek HP Samsung Bagus atau Tidak

2. Cek Serial Number atau SN
SN terdiri dari 11 digit huruf dan angka, untuk serial number HP Sein memiliki ciri ciri di dua digit pertamanya adalah huruf RR, jika dua digit pertama bukan RR maka HP tersebut bukanlah HP Sein. Cara melihat Serial Number bisa melalui box penjualan ataupun melalui *#06#, maka akan terlihat imei HP kalian serta Serial Number HP kalian.

Baca juga : Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu

3. Cek Body Belakang HP.
HP Sein tidak memiliki seri bentukan dari HP Samsung dibagian belakang. Misalkan HP kalian Samsung Galaxy S7 atau Samsung S8, dibagian belakang atau backdoor HP tidak akan tertera tulisan Samsung S7 atau Samsung S8 melainkan hanya ada kode serta tulisan made in. Perhatikan juga pada bagian belakang dibawah kamera pada HP, jika terdapat logo lain selain logo Samsung misalkan logo docomo, T-mobile dan lainnya berarti itu bukan merupakan HP Samsung Sein.

Ciri Ciri HP Bukan Sein
Ciri Ciri HP Bukan Sein
4. Cek Kartu SIM pada HP. 
HP Samsung yang keluar di Indonesia biasanya menggunakan dual sim atau dua kartu entah itu dedicated ataupun hybrid. Jika HP Samsung kalian hanya mendukung satu kartu maka bisa dipastikan HP tersebut merupakan HP ex inter. Namun pada beberapa seri Samsung lama ada Samsung Sein yang masih menggunakan satu kartu atau single sim, tapi untuk HP Samsung terbaru sudah menggunakan dual sim atau dua kartu sim.

Baca juga : Cara Membedakan HP Android Asli atau Palsu

5. Cek Prosesor. 
Produk produk Samsung di Indonesia belakangan ini semua menggunakan prosesor buatan Samsung sendiri yaitu exynos. Untuk poin 4 diatas dan poin 5 ini biasanya berlaku untuk seri HP Samsung yang keluar tahun 2016 keatas. Jika HP kalian keluaran tahun 2016 keatas namun memiliki prosesor Snapdragon, bisa dipastikan HP kalian bukan Sein. Untuk mengetahui jenis prosesor bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa di download di Playstore, nama aplikasi tersebut adalah AIDA64.

Cara Cek Prosesor HP
Cara Cek Prosesor HP


6. Cek Imei dan Cek di Live Chat Samsung
Untuk cara keenam ini merupakan cara yang paling ampuh, karena menanyankan langsung ke pihak Samsung . Caranya sangat mudah kalian hanya perlu masuk ke web resmi Samsung kemudian pilih live chat dan tanyakan apakah nomor imei HP kalian merupakan HP Sein atau bukan kemudian tunggu balasan dari pihak Samsung . Cara ini memang memerlukan waktu karena harus menunggu balasan dari pihak Samsung , namun cara inilah yang paling meyakinkan apakah HP kalian Sein atau bukan. Bahkan dengan fitur live chat ini kalian pun bisa menanyakan kapan HP kalian di produksi, bagaimana garansi HP kalian dan lain lain.

Ok, sekian dulu untuk artikel kali ini, semoga artikel ini membantu, jika ada yang perlu didiskusikan silakan tukis dikolom komentar ya.

0 Komentar Cara Mengetahui HP Samsung SEIN atau Bukan

Post a Comment

Back To Top