MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Bagaimana Google Camera Bisa Membuat Hasil Foto Menjadi Lebih Baik


Bagaimana Google Camera Bisa Membuat Hasil Foto Menjadi Lebih Baik - Belakangan ini lagi trend di berbagai forum dan grup smartphone yang membahas tentang Google Camera yang mampu menghasilkan gambar lebih baik dari kamera bawaan. Fitur andalan dari Google Camera ini adalah Mode Portrait dan HDR+. Mode portrait mampu menghasilkan gambar dengan efek blur yang rapi yang bahkan mampu mengalahkan efek blur smartphone dengan kamera ganda. Selain efek bokeh, ada satu lagi fitur andalan dari Google Camera ini, yaitu mode HDR+ yang mampu membuat hasil gambar di malam hari menjadi lebih terang dan hasil gambar di siang hari yang memiliki dynamic range yang lebih luas.
Google Camera
Google Camera

Hal inilah yang membuat orang orang berlomba melakukan porting dan meng-install Google Camera di smartphone mereka. Untungnya salah satu member dari XDA Developer berhasil melakukan porting Google Camera ke smartphone lain sehingga smartphone lain pun bisa merasakan hebatnya software kamera dari google ini.
Bagi yang ingin install Google Camera silakan kunjungi Cara Install Kamera Pixel 2 di Semua Android dan Cara Instal Google Camera di Samsung Exynos.
Ok, kembali lagi ke pembahasan kenapa hasil gambar dari Google Camera menjadi lebih baik dari kamera bawaan ?
Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya mengenai Kualitas Kamera Smartphone, disana sudah dijelaskan apa saja faktor yang mempengaruhi hasil foto atau gambar dari kamera smartphone, pada bagian penjelasan poin terakhir dijelaskan bahwa software sangatlah berpengaruh pada hasil gambar dari smartphone, hal ini menjadi terbukti dengan adanya Google Camera.
Google berhasil mengembangkan algoritma kamera yang baik sehingga mampu menghasilkan gambar yang baik pula.

Mari kita bahas satu per satu terlebih dahulu fitur unggulan dari Google Camera.
Mode Portrait
Mode portrait dari Google Camera menggunakan algoritma software serta pemrosesan dari prosesor smartphone, berbeda dengan smartphone lain yang menggunakan dua lensa kamera untuk menciptakan depth of field dalam menciptakan foto bokeh atau blur, Google Camera hanya perlu satu lensa saja, itulah mengapa Google Camera bisa menciptakan efek bokeh pada kamera depan dan kamera belakang dengan rapi.
Pada kamera hp lain yang menggunakan dua lensa dalam menciptakan efek bokeh yang dimana satu kamera bertugas menangkap objek dan satu kamera lainnya bertugas menciptakan depth of field atau kedalaman efek bokehnya, sedangkan di google camera menggunakan satu kamera untuk memotret objek sedangkan software dari Google Camera lah yang bertugas membedakan objek yang akan dibuat fokus dan objek yang akan di blur, itulah mengapa saat memotret dengan Google Camera jika sesaat setelah memotret akan muncul proses rendering dari Google Camera.

Portrait Mode Google Camera
Portrait Mode Google Camera

Mode HDR+
Mode HDR sudah sering kita dengar ada di kamera smartphone lain, lalu mengapa mode HDR dari Google Camera sangat berbeda dan istimewa ?
Berbeda dengan HDR dari kamera lain yang hanya menggabungkan satu hasil gambar dari objek yang terang dan satu gambar dari objek gelap lalu menggabungkannya sehingga tercipta gambar dengan dinamyc range yang lebih luas. Sedangkam pada HDR google yang google sebut sebagai HDR+, google menggabungkan sepuluh gambar pada objek gelap lalu menyatukannya dengan algoritma khsusu hal itulah yang membuat detail dari objek yang dipotret menjadi sangat baik dan minim noise pada malam hari dan menciptakan dinamic range yang luas pada siang hari.

HDR+ Google Camera
HDR+ Google Camera

Kesimpulan
Dari pembahasan diatas tentang Bagaimana Google Camera Bisa Membuat Hasil Foto Menjadi Lebih Baik dapat disimpulkan bahwa software yang dikembangkan google lah yang mampu membuat hasil gambar menjadi lebih baik dibandingkan kamera lainnya. Bagaimana google mampu memisahkan objek yang fokus dan membuat blur dibagian belakang serta mampu menggabungkan 10 foto menjadi satu dengan algoritma khususnya sehingga membuat Google Camera menjadi hype belakangan ini dan itu juga yang membuat smartphone besutan Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL mendapat predikat kamera smartphone terbaik versi DxOMark.

0 Komentar Bagaimana Google Camera Bisa Membuat Hasil Foto Menjadi Lebih Baik

Post a Comment

Back To Top