MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus


Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus - Setelah sekian lama menjadi buah  bibir dikalangan pecinta gawai, akhirnya Redmi 5 dan Redmi 5 Plus resmi meluncur pada hari kamis pada sebuah acara di Tiongkok.

Kedua seri Redmi ini mengusung layar bezel less dengan aspek rasio 18:9 dan menggunakan prosesor dengan fabrikasi 14nm yang terkenal dengan konsumsi daya yang rendah. Untuk pemindai sidik jari berada dibagian belakang dibawah kamera sperti pada seri Redmi Note 4.



Xiaomi Redmi 5

Seri ini adalah seri yang paling standar. Mengusung layar memanjang yang kekinian 18:9 dengan bentang layar seluas 5,7 inci dan screen to body ratio ~75,9% dengan ketebalan 7,7 mm. Untuk ukran smartphone layar panjang screen to body ratio yang dibawa masih bisa dikatakan cukup standar mengingat terdapat smartphone lain dengan rasio layar 16:9 namun memiliki screen to body ratio yang mendekati 80%. Hal ini dikarenakan pada bagian tepian layar Redmi 5 masih cukup tebal guna meningkatkan durability smartphone itu sendiri. Kerapatan pixel dari Redmi 5 bisa dibilang standar, akrena hanya mengguakan resolusi HD+ untuk luas layar yang mencapai 5,7 inci.
Dalam urusan performa, Xiaomi mempercayakan Snapdragon 450 pada Redmi 5. Prosesor ini menggunakan fabrikasi 14nm yang lebih irit baterai dibanding dengan fabrikasi 28nm. Umtuk baterainya sendiri, Redmi menggunakan kapasitas sebesar 3300 mAh.
Dari segi penyimpanan Redmi 5 tersedia dalam 2 pilihan, yaitu RAM 2Gb dengan Internal 16Gb serta RAM 3Gb dengan kapasitas penyimpanan 32Gb.
Dari segi software, Redmi 5 belum menggunakan android terbaru Oreo, namun masih menggunakan android 7.1.2 Nougat. Meskipun begitu Redmi 5 sudah menggunakan tampilan antarmuka MIUI 9 yang lebih baik dari MIUI seri sebelumnya.


Redmi 5 Plus

Bukan hanya nama yang ditambahkan plus, namun dari segi spesifikasi juga ditambahkan beberapa poin plus untuk seri redmi yang satu ini. Masih tetap mengusung layar kekinian 18:9 dengan luas layar 5,99 inci dan dengan screen to body ratio yang lebih baik mencapai angka 77,4% membuat  Redmi 5 Plus memiliki besel yang lebih tipis dibanding dengan seri Redmi 5 yang standar. 
Dari segi dapur pacu, seri Redmi 5 Plus menggunakan Snapdragon 625 yang merupakan prosesor favorit ditahun 2017 karena sudah teruji dalam performa yang menjanjikan namun dengan konsumsi daya yang rendah. Selain menggunakan prosesor hemat daya, Redmi 5 Plus memiliki kapasitas baterai yang terbilang besar, yaitu 4000 mAh, sehingga bisa dipastikan Redmi 5 Plus akan mampu menemani kegiatan kalian seharian. Dengan baterai yang cukup besar seri Redmi 5 Plus sedikit lebih tebal dari seri Redmi 5 standar dengan ketebalan mencapai 8,1 mm. 
Xiaomi Redmi 5 Plus terdapat 2 pilihan penyimpanan, yaitu RAM 3Gb dengan internal 32Gb, serta RAM 4GB dengan kapasitas penyimpanan 64Gb. 
Kerapatan pixel dari Redmi 5 Plus sudah terbilang baik, karena angka kerapatan pixel dari Redmi 5 plus mencapai 400 ppi, hal ini dikarenakan resolusi layar yang sudah Full HD+.
Dari segi software Redmi 5 Plus masih sama dengan Redmi 5 menggunakan android Nougat 7.1.2 dan MIUI 9.


Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus

Namun sangat disayangkan seri Redmi terbaru dari Xiaomi ini masih menggunakan micro usb, belum menggunkan Usb Type C yang kekinian. Kedua seri Redmi ini juga belum mendukung tekologi fast charging atau pengisian daya cepat, alhasil untuk proses pengisian daya bisa dibilang memerlukan waktu yang cukup lama.

0 Komentar Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus

Post a Comment

Back To Top