MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Tips Membeli HP Second / Bekas


Tips Membeli HP Second / Bekas - Saat ini banyak sekali beredar HP keluaran terbaru dipasaran. Namun tidak bisa dipungkiri, semakin kesini harga HP semakin tinggi namun spesifikasi yang didapat bisa dibilang standar. Untuk mengatasi hal itu alangkah baiknya jika ingin membeli HP, kita membeli HP second atau bekas, sebab dengan harga yang sama kita bisa mendapat spesifikasi lebih bagus daripada memebeli HP baru.
Nah berikut adalah beberapa Tips Membeli HP Second / Bekas
HP adalah barang elektronik yang harganya cepat sekali turun, jadi daripada membeli HP baru, carilah HP bekas dengan kualitas yang masih bagus

Tips Membeli HP Second / Bekas
Tips Membeli HP Second / Bekas

1. Sesuaikan dengan Harga Pasaran
Sebelum memutuskan untuk membeli HP bekas atau second, alangkah baiknya untuk mengecek terlebih dahulu harga pasarannya saat itu. Jangan sampai membeli HP bekas terlalu mahal atau membeli HP bekas yang terlalu murah (takutnya ada indikasi penipuan). Untuk melihat harga HP bekas bisa search di Google atau cek di OLX dan bisa juga cek di forum jual beli di Facebook.

2. Beli Flagship Tahun Lalu
Beli lah HP flagship atau high end tahun lalu, sebab harga pasaran flagship tahun lalu biasanya menjadi 11 12 dengan harga pasaran HP menengah tahun sekarang. dengan membeli HP Flagship tahun lalu maka performanya masih bisa mengungguli HP menengah yang keluar tahun sekarang, hal ini dikarenakan HP flagship dirancang untuk mampu bertahan 3-4 tahun sampai hardware atau perangkat kerasnya benar benar sudah tidak sanggup menjalankan aplikasi terbaru, sedangkan HP kelas menengah dirancang 2 tahun untuk bertahan dengan update aplikasi terbaru. 

3. Beli HP dengan aksesoris yang masih lengkap
Bila membeli HP bekas usahakan cari aksesoris yang masih lengkap, seperti charger, earphone, dusbox dan tentu HP nya. Hal ini untuk menghindari HP ilegal yang beredar dipasaran. Cek juga fungsi dari semua aksesoris HP yang didapatkan, dan usahakan aksesorisnya masih original, sebab membeli aksesoris HP original terpisah menambah biaya yang bisa dibilang tidak sedikit.

4. Beli HP dengan garansi Resmi
Saat ini banyak sekali HP dengan garansi distributor(bukan garansi resmi) beredar dipasar Indonesia, jadi saat membeli HP usahakan cari yang garansi resmi jika masih memiliki garansi. Tidak menjadi masalah memang membeli HP dengan garansi distributor, sebab harganya yang lebih murah dari garansi resmi (termasuk harga second nya) akan tetapi kalian harus siap menanggung resikonya jika terjadi masalah dikemudian hari.

5. Beli HP yang memang di produksi untuk negara Indonesia
Untuk poin ini masih sedikit berhubungan dengan poin nomor 4, sebab ada beberapa HP garansi resmi namun bukan garansi resmi Indonesia melainkan garansi resmi dari luar. Mengapa harus garansi resmi Indonesia ?
Sebab jika kalian ingin klaim garansi jadi lebih mudah karena tidak perlu pergi keluar Indonesia untuk klaim garansi, selain itu Hp dengan garansi resmi Indonesia memiliki frekuensi jaringan yang sudah disesuaikan dengan jaringan di Indonesia, beda dengan garansi resmi luar Indonesia karena dioptimasi untuk negara lain bisa saja jaringan yang ada di HP tersebut tidak optimal untuk digunakan di Indonesia.

6.Usahakan membeli HP yang belum pernah di oprek
Saat HP sudah pernah di oprek, mungkin saja ada beberapa perangkat keras ataupun perangkat lunaknya sudah pernah dirubah atau  dimodifikasi. Untuk modifikasi perangkat lunak atau software bisa diketahui dengan melihat binary pada download mode. Jika HP sering di oprek bisa berdampak pada melemahnya kemampuan memori internal HP.

7. Cek Perkiraan Update Software
Untuk poin ini silakan kalian cek perkiraan update software nya sampai Android versi berapa atau sampai IOS versi berapa, usahakan cari HP yang masih bisa di upgrade, sebab akan ada beberapa aplikasi yang mengharuskan HP dalam posisi terinstal versi software terbaru sehingga HP masih bisa mengikuti perkembangan jaman.

8.Lakukan COD, dan cek kondisi HP saat COD
Terakhir adalah saat sudah menentukan pilihan lakukanlah COD (Cash On Delivery) atau bertemu langsung dengan penjual dan cek kondisi HP saat bertemu.
Untuk Cara Cek HP Bekas akan dibuatkan dalam artikel yang terpisah.

Sekian dulu Tips Membeli HP Bekas, bijaklah dalam membeli barang, entah itu second ataupun baru supaya tidak menyesal dikemudia hari.

0 Komentar Tips Membeli HP Second / Bekas

Post a Comment

Back To Top