MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Snapdragon 845, Prosesor Pertama Qualcomm yang Mendukung Kecerdasan Buatan


Snapdragon 845, Prosesor Pertama Qualcomm yang Mendukung Kecerdasan Buatan - Snapdragon baru baru ini sudah secara resmi mengumumkan prosesor terbaru penerus seri Snapdragon 835. Walaupun sebelumnya santer dikabarkan prosesor ini akan menggunakan fabrikasi 7nm, namun kenyataannya Qualcomm masih setia menggunakan fabrikasi 10nm seperti pada seri sebelumnya. Namun kendati belum menggunakan fabrikasi 7nm, prosesor ini tetap akan menjadi salah satu prosesor tercepat pada tahun 2018 nanti. Dikabarkan Xiaomi MI7 akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan prosesor ini.


Dengan semakin boomingnya teknologi kecerdasan buatan (AI atau Artificial Inteligent) yang sudah bisa didapatkan pada smartphone keluaran terbaru, seperti penambahan AI pada sistem kamera dan penanaman AI pada prosesor buatan Huawei yaitu kirin 970. Sepertinya Qualcomm tidak mau kalah dalam urusan AI, terbukti dengan meluncurnya seri terbaru Snapdragon 845, dengan menggunakan Generasi ketiga Qualcomm Hexagon 685 DSP yang sudah mendukung AI. Seperti yang di klaim pada website resminya AI ini mampu memberikan kemampuan kamera yang lebih baik, audio, XR, serta pengalaman bermain game yang lebih baik.
Selain adanya fitur AI pada prosesor terbarunya, Qualcomm juga telah melakukan perbaikan spesifikasi di berbagai bidang dibandingkan dengan seri prosesor sebelumnya. 


Snapdragon 845 menggunakan Spectra 280 ISP yang mampu melakukan pengolahan gambar hasil kamera lebih baik, serta sudah mendukung pengambilan gambar super cepat mencapai 60 gambar per detik. Dari sisi pengolah grafis, seri prosesor terbaru ini menggunakan GPU Adreno 630 yang lebih baik dari seri Adreno 540 pada prosesor Snapdragon 835. Untuk spesifikasi pada bidang konektivitas Snapdragon 845 sudah menggunakan X20 Modem yang tentu lebih baik dari seri sebelumnya X16 Modem. Modem ini mampu mencapai kecepatan download hingga 1.2 Gbps dan kecepatan Upload mencapai 150Mbps. Tidak ketinggalan untuk proses pengisian daya, prosesor ini sudah mendukung teknologi pengisian cepat terbaru yaitu Qualcomm Quick Charge 4.
Snapdragon 845 menggunakan 8 core Kyro 385 CPU serta mampu mencapai kecepatan maksimal 2.8 GHz dari yang sebelumnya hanya mampu mencapai kecepatan 2.45 GHz. Dengan spesifikasi tersebut, bisa dipastikan Qualcomm Snapdragon 845 akan mampu mencapai skor 200.000 poin pada pengujiannya dengan menggunakan aplikasi antutu benchmark.

0 Komentar Snapdragon 845, Prosesor Pertama Qualcomm yang Mendukung Kecerdasan Buatan

Post a Comment

Back To Top