MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Ciri Khas Smartphone Samsung


Ciri Khas Smartphone Samsung - Kalau membicarakan tentang Smartphone dan Android tentu tidak akan lepas dari produsen Smartphone asal negeri gingseng Korea Selatan ini. Sejak Android diperkenalkan pada tahun 2007 lalu, Samsung sudah mulai mengadopsi sistem operasi Android hingga sekarang. Sejak awal kemunculannya sampai sekarang, sudah sangat banyak seri yang dikeluarkan oleh Samsung mulai dari seri yang sudah discontinued dan seri yang masih tetap berlanjut sampai sekarang.
Sampai saat ini android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan, tidak hanya Samsung saja, banyak produsen lain yang juga menggunakan Android. Meskipun Android digunakan oleh banyak produsen Smartphone, namun setiap produsen Smartphone memliki ciri khas tersendiri dalam menggunakan sistem operasi Android.
Nah berikut adalah beberapa Ciri Khas Smartphone Samsung yang mungkin sudah kalian ketahui atau mungkin belum kalian ketahui.

Smartphone Samsung
Smartphone Samsung


1. Seri J
Seri J secara basic merupakan seri terendah dari samsung, ada beberapa ciri khas dari seri J, salah satunya tidak memiliki backlight. Namun pada tahun ini seri J Pro sudah mendapat upgrade backlight pada tombolnya. Selain itu desain dari seri J juga bisa dibilang memiliki ciri khas tersendiri. Kalian yang sudah biasa melihat Smartphone Samsung pasti bisa langsung menebak seri J hanya dengan melihatnya saja.
Diatas disebut secara "basic" seri ini merupakan seri terendah, memang secara Huruf seri ini memang diperuntukan untuk kelas menengah kebawah namun seri tertinggi dari J setara atau bisa lebih unggul sedikit dari seri terendah Seri A. Jadi tidak selalu seri J ini merupakan seri terendah ya.

2. Seri A
Ada sebuah rumus yang mendeskripsikan seri A, yaitu  Seri A Tahun Ini = Seri S Tahun Lalu. Hal ini bisa dilihat dari segi desain, performa dan spesifikasi. Seri A ini memang diperuntukan untuk pecinta seri teratas Samsung namun dengan menyasar segmen kelas menengah.
Dari segi desain sebagai contoh dari seri A 2016 mengambil bahasa desain samsung S6 yang keluar setahun sebelumnya yaitu pada tahun 2015, lebih tepatnya 10 April 2015. Sedangkan seri A 2017 mengambil bahasa desain dari Samsung S7 yang diperkenalkan setahun sebelumnya pada tanggal 12 Maret 2016.

3. Seri S
Seri S merupakan seri tertinggi dari Samsung. Seri ini selalu menggunakan hardware tertinggi saat diluncurkan, dan Samsung selalu membuat dua varian berbeda dari seri S. Varian pertama menggunakan prosesor buatan samsung sendiri yaitu exynos dan varian kedua menggunakan Snapdragon. Selain prosesor samsung juga membuat dua varian untuk sensor kamera, yaitu menggunkanan sensor buatan Sony dan sensor buatan Samsung sendiri. Meskipun menggunakan prosesor serta sensor kamera yang berbeda, namun dari performa dan kualitas tetap setara.
Untuk prosesor exynos biasanya diperuntukan untuk kawasan Asia, sedangkan prosesor Snapdragon diperuntukan untuk kawasan Eropa.

4. Seri Note
Seri Note merupakan seri ekslusif dari Samsung, Seri Ini adalah Seri S dengan desain yang lebih mengkotak serta dengan tambahan S Pen. Dari segi spesifikasi hardware seri ini sama persis dengan seri S baik dari CPU maupun GPU nya. Seri Note biasanya mendapat keistimewaan dari samsung, yaitu seri pertama yang bisa mendapat fitur terbaru dari samsung, seperti pada note 7 merupakan Smartphone samsung dengan usb type c pertama, selanjutnya pada seri Note 8 merupakan seri samsung pertama yang menggunakan dua kamera.

Seri Khusus

5. Seri C
Seri C merupakan seri khusus dari samsung yang pada awalnya diperuntukan bagi pasar Tiongkok atau Cina. Seri ini dimaksudkan untuk menyaingi gempuran smartphone lokal di Cina, sebab smartphone ini diluncurkan dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang lebih rendah. Namun belakangan ini seri C mulai diperkenalkan dan diluncurkan di Indonesia.

6. Seri Z
Seri ini merupakan seri smartphone samsung yang tidak menggunakan sistem operasi android. Seri ini menggunkan sistem operasi khusus yang disebut tizen. Pada awalnya sistem operasi ini dibuat dan dikhususkan untuk smartphone samsung saja. Namun belakangan sistem operasi ini mulai tidak terdengar lagi begitupun dengan seri Z dari Samsung yang sudah tidak dilanjutkan lagi. 

7. User Interface
Sampai saat ini samsung sudah memperkenalkan UI miliknya sendiri sebanyak 3 kali, ketiga UI tersebut adalah, Touchwiz, Grace UX dan Dream UX. Dari ketiga UI tersebut UI Touchwiz merupakan UI yang paling lama digunakan dan Grace UX merupakan UI yang paling sebentar digunakan.

Touchwiz
UI ini merupakan UI pertama yang digunakan Samsung, UI ini bisa dibilang masih berat dibanding dengan UI lainnya. sampai saat ini Touchwiz merupakamn UI samsung yang paling lama digunakan. Seri touchwiz ini sudah mencapai seri Touchwiz 6.

Grace UX
Grace UX merupakan nama dari Touchwiz seri ke-7 dari Samsung, UI ini pertama kali diperkenalkan oleh samsung pada 2016 kuartal ketiga pada seri Galaxy Note 7. Namun nama Grace UX tidak lama digunakan oleh samsung, hanya selang beberapa bulan samsung sudah memperkenalkan UI baru buatannya. UI ini membawa perubahan besar dibanding dengan UI sebelumnya, mulai dari segi tampilan yang lebih minimalis dan flat, bawaan home screen yang lebih ringan dan smooth serta fitur fitur tambahan lainnya. UI ini merupakan versi perbaikan dibanding versi sebelumnya, UI ini sangat ringan dan mampu berjalan mulus di Smartphone samsung pada seri terendah sekalipun.

Dream UX
Dream UX merupakan UI terbaru dari samsung sampai saat ini. UI ini digunakan samsung untuk menggantikan Grace UX versi sebelumnya. UI ini pertama kali diperkenalkan pada seri Samsung S8 dan dilanjutkan pada seri seri setelah Samsung S8. Perubahan dari Grace ux ke Drea,m UX tidak terlalu signifikan, tercatat samsung hanya merubah tampilan ikon dan membuat tampilan home screen baru untuk smartphone terbarunya.

Nah, itulah beberapa Ciri Khas Smartphone Samsung, kalau ada ciri khas lain yang belum disebutkan silakan tulis dikolom komentar ya.

0 Komentar Ciri Khas Smartphone Samsung

Post a Comment

Back To Top