MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Cara Cek Kualitas HP Second / Bekas


Cara Cek Kualitas HP Second / Bekas - Melanjutkan postingan sebelumnya tentang Tips Membeli HP Bekas, jika kalian sudah menentukan HP apa yang akan dibeli maka kalian pasti lah akan melakukan pengecekan terhadap HP yang akan kalian beli. Tidak mau kan sudah menentukan HP favorit yang akan dibeli tapi malah dapat HP yang rusak . Nah untuk itu kali ini MaesaTech akan membagikan bagaimana cara cek kualitas HP bekas, langsung saja ini beberapa caranya.


Cara Cek Kualitas HP Second / Bekas
Cara Cek Kualitas HP Second / Bekas

 
1. Cek Kondisi Fisik
Yang pertama di cek tentu saja adalah kondisi fisik. Pastikan kondisi fisik masih mulus atau jika terdapat goresan pastikan goresan masih dalam asumsi yang wajar. Hal ini untuk memastikan apakah HP dapat terbentur dengan sesuatu yang keras atau tidak.

2. Cek Garansi
Cek garansi bisa dilihat dari nota pembelian, usahakan membeli HP yang masih memeiliki garansi, atau jika tidak memiliki garansi lihat pada nota pembelian sudah berapa lama HP digunakan, sebab semakin lama HP digunakan akan berdampak pada performa hardware-nya.

3. Cek Hardware
Cek hardware disini maksudnya melakukan pengecekan hardware melalui HwModule Test pada HP. Usahakan cek keseluruhan hardware dari HP yang akan dibeli. pertama silakan masuk ke menu HwModule Test dengan kode yang ada dibawah.
Samsung  : Masuk ke dialpad lalu tekan *#0*#
Xiaomi     : Masuk ke dialpad lalu tekan *#*#64663#*#*
Oppo        : Masuk ke dialpad lalu tekan *#808#
Vivo         : Masuk ke dialpad lalu tekan *#*#4838#*#*
Lenovo     : Masuk ke dialpad lalu tekan ####1111#
Asus         : Masuk ke aplikasi kalkulator lalu ketik .12345+=

Setelah masuk ke menu HwModule Test melalui kode diatas, silakan kalian cek menu menu yang tersedia dan pastiakn semua masih berfungsi dengan baik.

4. Cek Kondisi Baterai HP
Salah satu kelemahan dalam membeli HP second atau bekas adalah kondisi baterai, semakin lama HP sudah digunakan semakin besar kemungkinan mengalami penurunan pada kondisi baterai. Namun dengan melakukan pengecekan pada baterai yang benar maka kalian bisa menilai apakah baterai HP masih normal atau sudah mulai rusak.
Untuk Cara Cek Kondisi Baterai HP akan dibahas pada artikel terpisah karena ada beberapa cara yeng memerlukan cara khusus untuk benar benar mengetahui apakah baterai HP masih baik atau tidak.

Baca Juga : Cara Cek Kondisi Baterai HP

5. Cek Imei
Berbeda dengan cara cek hardware yang memiliki koode khusus, untuk cek imei setiap smartphoone memiliki koode yang sama yaitu *#06#. Jika HP kalian 1 kartu maka akan muncul 1 noomoor imei saja, namun jika HP kalian 2 kartu akan muncul 2 nomor imei yang berbeda.
Pastikan imei yang muncul sama dengan imei yang ada di kotak pembelian dan juga di nota. Jika imeinya berbeda maka kotak pembelian tersebut bukan kotak pembelian aslinya. Setelah mencocokan imei di HP dengan di kotak selanjutnya silakan copy imei tersebut dan buka web www.imei.info, kemudian paste atau tempel pada kolom pencarian, selanjutnya pilih OK, maka akan mucul informasi mengenai HP tersebut.
Namun sayangnya tidak semua HP bisa mendapat informasi yang akurat sebab, ada beberapa imei yang belum didaftarkan di web tersebut.
Cek Imei
Cek Imei

6. Cek Akun
Yang kelima cek akun yang terdapat di HP yang akan dibeli, pastikan semua akun sudah di hapus atau sudah di logout, sebab dalam beberapa kasus akun yang masih nyangkut atau masih ada di HP tidak bisa dihilangkan walaupun sudah di reset atau di kembalikan ke pengaturan pabrik. Akun yang masih nyangkut di HP juga bisa disalahgunakan oleh penjual, bukan bermaksud menuduh penjual HP bekas, akan tetapi akun tersebut memang bisa digunakan untuk mengunci perangkat dari jauh, sehingga HP tidak bisa digunakan.

7. Reset HP ditempat
Yang terakhir setelah semua di cek silakan reset HP ditempat. Kenapa perlu langsung di reset ditempat ? hal ini masih berhubungan dengan pin nomor 5. sebab jika masih ada akun yang nyangkut di HP maka setelah selesai reset akan diminta memasukkan password, jika penjual tidak mampu memberikan password maka lebih baik HP tidak jadi dibeli. Jika tidak diminta memasukkan password maka HP aman untuk dibeli, jikalaupun diminta memasukkan password dan penjual mampu memberikan password yang benar, segera pergi ke menu engaturan dan minta penjual untuk menghapus akun atau bisa menghapus sendiri akun tersebut.

Nah itulah beberapa Cara Cek Kualitas HP Second / Bekas, bijaklah dalam membeli sesuatu dan pintar pintarlah memilih HP yang bagus sehingga bisa digunakan untuk jangka panjang.

0 Komentar Cara Cek Kualitas HP Second / Bekas

Post a Comment

Back To Top