MaesaTech

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Kualitas Kamera Smartphone


Kualitas Kamera Smartphone - Ditahun 2017 ini kualitas kamera smartphone sudah menjadi standar baru dalam pemilihan sebuah smartphone. Hal ini tentu tidak mengherankan, sebab untuk saat ini smartphone lah yang selalu dibawa orang kemanapun mereka pergi, selain untuk alat komunikasi tidak jarang juga smartphone digunakan untuk mengabadikan momen momen berharga yang terjadi.
Selain MegaPixel ada banyak hal lain yang mempengaruhi kualiats kamera sebuah smartphone. Lalu apa saja yang mempengaruhi bagus atau tidaknya kualitas  kamera smartphone ?

Kualitas Kamera Smartphone

Jenis Sensor


Jenis sensor yang digunakan oleh smartphone sangat beragam, jenis sensor merupakan inti dari sebuah kamera smartphone. Salah satu jenis sensor yang banyak digunakan saat ini adalah Sony IMX, seperti contoh Sony IMX 240 pada Samsung Galaxy S7 dan IMX 378 pada Google Pixel generasi pertama. Biasanya angka semakin besar akan semakin bagus untuk sebuah kamera smartphone.

Sensor Size

Semakin besar sensor size semakin banyak pula sebuah kamera mampu menyerap cahaya (dengan asumsi faktor pendukung lain yang sama). Sensor size memiliki satuan inch seperti contoh Sensor size pada samsung galaxy S7 1/2.5" .
Sensor Size Pada Kamera
Sensor Size Pada Kamera

Pixel Size

Pixel size juga sama dengan sensor size yaitu semakin besar pixel sizenya semakin banyak pula cahaya yang mampu diserap setiap pixelnya. Besaran pixel size dihitung dengan micron pixels(ditulis dengan µm, seperti contoh pixel size pada Xiaomi MI 6 1.25µm .
Pixel Size pada Smartphone
Pixel Size pada Smartphone

Bukaan Lensa atau Aperture

Bukaan lensa atatu aperture biasanya ditulis dengan f/1.8. semakin besar angka aperture(semakin kecil angka di depan f/) maka semakin banyak kamera dapat menagkap cahaya.
Aperture pada Kamera
Aperture pada Kamera

Stabilizer

Stabilizer pada smartphone dapat berupa OIS atau EIS (Ada juga smartphone yang menggabungkan keduanya). OIS adalah Elektronik Image Stabilizer Atau bisa disebut sebuah hardware yang berfungsi untuk stabilisasi ketika mengambil gambar atau ketika merekam video. Sedangkan EIS adalah Elektronik Image Stabilizer yaitu Software yang berfungsi mengurangi guncangan saat mengambil gambar atau merekam video. Dari kedua stabilizer tersebut tentu OIS lebih baik dari EIS karena OIS berupa hardware yang memang dikhususkan untuk mengurangi guncangan kamera sedangkan EIS hanya sebuah software saja. Namun akan lebih bagus lagi jika di smartphone terdapat OIS maupun EIS.

Baca juga : Tren Smartphone 2018

Teknologi Penguncian Fokus

Teknologi penguncian fokus dapat berpengaruh pada kecepatan sebuah kamera mengambil gambar. semakin cepat kamera mendapat fokus saat menekan tombol shutter semakin cepat pula gambar diambil. teknologi penguncian fokus biasanya ada 3 yang populer diantaranya PDAF(Face Detection Auto Focus) yaitu penguncian fokus dengan melihat objek wajah pada pengguna, Laser Auto Focus adalah penguncian fokuis yang memanfaatkan sebuah hardware (biasanya terdapat didekat kamera) hardware ini berfungsi untuk mengunci fokus objek sebelum gambar diambil. Dual Pixel adalah penguncian fokus yang dipopulerkan oleh samsung, cara kerja teknologi ini mirip seperti mata manusia yaitu melihat objek dengan mata kiri dan mata kanan lalu diolah diotak menjadi satu objek, begitupun teknologi dual pixel ini memanfaatkan pixel pertama dan pixel kedua untuk menagkap gambar dan dijadikan satu setelah diolah oleh image processing.

Software (Image Processing)

Ada yang tau kenapa google pixel 2 bisa mendapat nilai yang bagus di DxOMark ? padahal sensor kamera bukaan lensa dan teknologi lain yang digunakan tergolong standar (banyak produsen lain yang lebih baik dalam segi hardware) lalu mengapa bisa kalah dengan google pixel 2 ? Itu karena software yang digunakan. Bahkan software google pixel 2 mampu mengalahkan efek bokeh dari smartphone lain yang sudah menggukanan dual kamera hanya dengan mengandalkan satu kamera 12Mp saja.

Nah itulah beberapa faktor yang mempengaruhi Kualitas Kamera Smartphone, selain yang disebutkan diatas kemampuan user dalam mengambil gambar juga sangat berpengaruh dengan hasil akhir yang diperoleh.

tag : sensor kamera hp yang bagus, hp kamera terbaik dan termurah, resolusi kamera 13 mp, hasil kamera 8 mp, resolusi kamera hp yang bagus, hp samsung kamera terbaik, resolusi kamera 8 mp, hp dengan kamera terbaik dibawah 2 juta

0 Komentar Kualitas Kamera Smartphone

Post a Comment

Back To Top